Loading...

Alat Ukur Jarak Langsung Dilapangan

Alat-alat ukur jarak yang digunakan pada pengukuran dilapangan antara lain sebagai berikut:

1 Pita Ukur Kain LinenPita ukur ini terbuat dari kain linen, lebar 2 cm dan panjang 10 m, 15 m, 30 m, 50m.. Kelemahan pita ukur ini adalah mudah basah bila terkena air, sehingga mudah merenggang/ memanjang dan mudah rusak/putus. Dan pemakaiannya tidak menggunakan pocket balance. Hal ini akan mengakibatkan kurang teliti dalam pengukuran jarak langsung.
image
Gambar 9. Pita Ukur Kain Linen
2 Pita Ukur FiberglassPita ukur ini terbuat dari bahan fiberglass, lebar 2 cm panjang 15m, 30 m dan 50 m. Pita ukur ini sangat kuat, ringan dan tahan terhadap air, sehingga banyak dipakai pada pengukuran, baik didaerah basah maupun daerah kering. Saat pemakaiannya tidak menggunakan pocket balance. Perlu diperhatikan pula bahwa pada saat menggulung jangan sampai terlipat.
image
Gambar 10. Pita Ukur Fibre Glass
3. Pita Ukur BajaPita ukur ini terbuat dari pita baja lebar 2 cm, tebal 0,4 mm, serta panjang 20 m, 30 m, 50 m dan 100 m. Alat ini menggunakan pocket balance yang dipasang pada ujung pita ukur yang ditarik 5 sampai 8 koligram. Yang perlu diperhatikan, penggunaan alat ini harus menghindari lalu lintas kendaraan, karena bila pita ukur baja ini terlindas roda kendaraan akibatnya bisa putus.
image
Gambar 11. Pita Ukur Baja
4. Rantai Ukur
Mata yang dihubungkan satu sama lain dan dipasang cincin kuningan untuk tiap panjang 1 m, 10 m, 20 m, 25 m dan 30 meter. Namun sat ini sudah jarang rantai ukur ini digunakan, dan pemakaian alat ini harus menggunkan pocket balance dengan gaya tarik maksimum 10 kg. alam penarikan rantai ukur ini, harus diperhatikan yaitu mata rantai tidak boleh kusut dan terlipat. Sebagai pelengkap,dalam pemakaian dilapangan, harus disediakan pen baja untuk menghindari kesalahan pengukuran.
image
Gambar 12. Rantai Ukur
5.  Roda UkurAlat ini berupa roda yang berukuran 30 cm s/d 40 cm dan dilengkapi dengan tongkat pendorong. Diantara roda terdapat skala pencatat jarak mulai dari sentimeter, meter,dan kilometer. Roda ini dilengkapi dengan jraum penunjuk batas ukuran. Alat ini banyak dipakai pada pengukuran jarak jalan raya dalam rangka perhitungan volume pekerjaan. Yang perlu diperhatikan, alat ini digunakan dengan cara harus didorong lurus.
image
Gambar 13. Roda Ukur