Loading...

Bagian-bagian Digital Theodolite dan Penjelasan Fungsinya

Theodolit dikenal sebagai alat ukur tanah yang dipakai untuk menentukan besar suatu sudut. Beberapa fungsi theodolit antara lain menghitung sudut vertikal dan sudut horisontal, menentukan jarak optis, serta mengukur sudut jurusan. Keunggulan utama theodolit jika dibandingkan dengan alat ukur sejenis ialah dapat memetakan suatu area dalam waktu yang lebih cepat.
Penggunaan theodolit biasanya diaplikasikan pada saat kita berniat untuk membuat peta situasi dari suatu wilayah. Hasil yang diperoleh dari pemakaian theodolit mencakup di antaranya elevasi tanah, posisi drainase, banch mark, letak sungai, koordinat bangunan, dan penanda lainnya. Beberapa pekerja juga sering memanfaatkan theodolit untuk mengukur tebing, jalan, sungai, bendungan, dan setting out bangunan.
bagian-theodolit.jpg
Di bawah ini bagian-bagian dari theodolit beserta penjelasan fungsinya!
  1. Mikrometer adalah bagian theodolit yang berfungsi untuk mengatur arah vertikal dengan geseran halus guna menempatkan sudut halus.
  2. Lensa objektif ialah bagian theodolit yang bermanfaat untuk melihat objek yang dituju supaya tampak lebih jelas apabila dilihat dari suatu titik tertentu.
  3. Vertikal klaim merupakan sekrup pengunci teropong jika nivo tabung pada teropong berada tepat di suatu keseimbangan yang menunjukkan garis lurus secara horisontal. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk mengunci besar sudut vertikal yang diperlukan sehingga posisinya tidak berubah.
  4. Vertical tangen screw adalah sekrup diafragma gerakan tangan horisontal yang berguna sebagai penentu sudut bacaan pada sumbu pertama dan sumbu kedua.
  5. Upper plat tangens screw yaitu sekrup pengunci repetisi bagian atas yang bermanfaat untuk mengunci alat agar posisinya yang sudah tepat mengarah pada sasaran tidak tergeser kembali.
  6. Lower plate screw yakni sekrup pengunci repetisi bagian bawah yang juga berguna untuk mempertahankan posisi sasaran bidik dan mengembalikan sudut nol pada arah utara sebagai pedoman pengukuran.
  7. Lensa okuler merupakan bagian theodolit yang berperan untuk membidik objek yang diincar.
  8. Reflektor berbentuk sekrup untuk mengatur intensitas cahaya agar objek tangkapan terlihat lebih jelas.
  9. Nivo tabung berbentuk tabung yang berisi air dan udara yang berfungsi untuk memeriksa tingkat kedataran sumbu II horisontal.
  10. Nivo kotak berfungsi untuk mengecek tingkat kedataran sumbu I vertikal.
  11. Operating keys adalah tombol yang dipakai untuk memberikan perintah dan menginformasikan data sudut, mengatur 0 derajat, tingkat kemiringan, dan sebagainya.
  12. Display ialah layar untuk menampilkan data terkait pengukuran tanah.