Loading...

.

.

.

.

CARA STAKE OUT | PEMATOKAN MENGGUNAKAN TOTAL STATION NIKON DTM-322


Ini merupakan tulisan pertama di blog ini yang membahas tutorial mengenai operasional alat survey. Artikel ini membahas cara stake out menggunakan alat ukur Total Station (TS) merk Nikon dengan seri DTM-322. Mungkin bisa membantu pembaca yang sedang melakukan kegiatan serupa dengan alat yang sama. Semoga bermanfaat :)
1.         Nyalakan TS hingga sampai ke tampilan awal.


2.  Klik STN, pilih Known, lalu klik REC/ENT (ket: menu REC/ENT fungsinya seperti ENTER pada komputer).
3.    Masukkan koordinat tempat berdiri alat (jika sudah tersimpan maka cukup ketikkan nama titik dan koordinat akan terdeteksi secara otomatis).

Contoh cara memasukkan koordinat (untuk titik yang belum tersimpan)

4.    Masukkan titik yang akan digunakan untuk backsight. Sama seperti poin nomer 3, jika koordinat titik backsight belum diinputkan maka TS akan meminta koordinat yang dimaksud. Jika sudah diinputkan, cukup ketikkan nama titik yang akan dijadikan backsight.


5.    TS akan menampilkan azimuth antara titik berdiri alat dengan titik backsight. Arahkan teropong TS tepat ke titik backsight (jika tidak terlihat bisa menggunakan yalon/ stick reflektor dengan memperhatikan nivo), lalu tekan REC/ENT.
6.      Klik S-O untuk menginputkan titik yang akan di-stake out, lalu masukkan koordinatnya dengan memilih menu XYZ.

7.    TS kemudian menampilkan sudut antara arah teropong menghadap dengan titik yang dituju. Putar TS sehingga sudut yang terbaca menjadi 0°0’0”. Setelah itu arahkan reflektor sehingga tepat pada sasaran tembak TS.

  Sudut yang sudah diarahkan

8.         Tekan MSR1, lalu tunggu sampai jarak antara TS dan reflektor keluar.  

9.    Arahkan orang yang memegang reflektor untuk maju atau mundur sesuai jarak pada TS. IN berarti maju, sedangkan OUT artinya mundur. Jika pada gambar di atas tertulis “OUT 36,477 m” berarti orang tersebut harus mundur sejauh 36,477 m. Setelah itu tembak ulang (dengan menekan MSR1), terus hingga jarak yang tampil pada layar mencapai batas toleransi yang ditentukan (misal jika batas toleransi 5 mm, maka jarak yang tampil pada layar paling besar 0,005 m).

Demikian, semoga bermanfaat :)