Loading...

.

.

.

.

Pengertian alat ukur total station untuk pengukuran tanah atau lahan

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang alat ukur yang sekarang sudah mulai banyak digunakan. Total station adalah alat ukur sudut dan jarak yang terintegrasi dalam satu unit. Total station juga sudah dilengkapi dengan processor sehingga bisa menghitung jarak datar, koordinat, dan beda tinggi secara langsung tanpa perlu kalkulator lagi. Secara keseluruhan pengertian alat ukur total station adalah alat pengukuran yang mempunyai nilai praktis lebih dan tentu pelaksanaan pengukuran akan lebih cepat selesai. 

Saya harap anda sudah membaca artikel tentang Pengertian alat ukur theodolit dan waterpass karena sedikit banyak akan membandingkan antara alat ukur theodolit dengan alat ukur total stasiun. Alat ukur total station merupakan kemajuan teknologi di bidang pengukuran. Pada prinsipnya antara theodolit dengan total station mempunyai cara kerja yang sama namun dari segi efisiensi dan kecanggihan lebih unggul alat ukur total station. Beberapa pengertian alat ukur total station berbeda-beda namun pada prinsipnya semua sama.
alat ukur total station

Beberapa manfaat dari total station ini adalah
  1. Alat yang praktis karena peralatan elektronik ukur sudut dan jarak (EDM) menyatu dalam 1 unit
  2. Data Dapat disimpan dalam media perekam. Media ini ada yang berupa on board/internal, external (elect field book) atau berupa card/PCMCIA card sehingga kemungkinan salah cata tidak ada.
  3. Mampu melakukan beberapa hitungan jarak datar, beda tinggi dan sebagainya di dalam alat. 
  4. Mampu menjalankan program-program survey, misal : orientasi arah, setting out, hitungan luas dan sebagainya. Kemampuan ini tergantung dengan type alat ukur total station.
  5. Total station dengan type "high end" dilengkapi dengan motor penggerak dan dilengkapi dengan ATR (Automatic Target Recognition), dan pengenal objek otomatis (prisma)
  6. Untuk total station dengan type tertentu mampu mengeliminir kesalahan-kesalahan seperti kolimasi HZ & V, kesalahan diametral, koreksi refraksi, dan sebagainya. Sehingga data yang didapat sangat akurat.
  7. Mempunyai ketelitian dan kecepatan ukur sudut dan jarak jauh lebih baik dari theodolit manual dan meteran terutama untuk pengukuran peta situasi.
  8. Total station dilengkapi dengan laser plummet, sangat praktis dan reflector-less EDM ( EDM tanpa reflector)
  9. Data secara elektronis dapat dikirim ke PC komputer dan diolah menjadi peta dengan program mapping

Prinsip Kerja Total Station

Alat ukur total station merupakan perangkat elektronik yang dilengkapi dengan piringan horizontal, piringan vertikal, dan komponen pengukur jarak. Dari ketiga primer ini (sudut horizontal, sudut vertikal, dan jarak) bisa didapatkan nilai koordinat X, Y, dan Z serta beda tinggi. Data-data tersebut direkam dalam memori dan selanjutnya bisa ditransfer ke komputer untuk diolah menjadi kontur tanah.


Bagian-bagian dari Total station









Rekomendasi Pemakaian Total Station
  1. Sebaiknya alat ukur total station digunakan untuk pengukuran tata batas baru, baik tata batas hutan maupun tata batas dengan pihak ketiga seperti halnya pinjam pakai dan tukar menukar kawasan hutan
  2. Sebaiknya total station digunakan untuk pengukuran berulang. Sebagai contoh rekontruksi batas kawasan hutan, di mana data sebelumnya diperoleh dari pengukuran menggunakan total station juga

Perbedaan alat ukur total station dengan theodolit


Pada artikel Pengertian alat ukur total station untuk pengukuran ini mengulas tentang perbedaan antara total station dengan theodolit untuk menambah referensi kita bersama. Kedua alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur sudut horizontal dan vertikal selama pelaksanaan survey. Kedua alat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Proses pengukuran sangat tergantung dengan waktu, uang, tenaga, dan keahlian. Bila anda menginginkan keakuratan dalam pekerjaan kontruksi, bisa menggunakan alat Laser Auto Level.



Meskipun theodolit telah digunakan selama bertahun-tahun, pengoperasian utama dari alat ini tetap sama. Theodolit terdiri dari teleskop bergerak dipasang antara sumbu vertikal dan horizontal. Sudut dari masing-masing sumbu dapat diukur dengan presisi cukup akurat selama operator alat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menggunakan alat dan trigonometri dasar. Namun penggunaan alat ukur theodolit memerlukan bantuan dari asisten surveyor yang bertugas untuk memegang bak ukur.


Theodolit sebenarnya untuk mengukur sudut saja. Sehingga data primer yang dihasilkan hanya sudut horizontal, sudut vertikal, dan bacaan rambu ukur. Untuk mendapatkan jarak diperlukan data pendukung seperti EDM, meteran. Sedangkan alat ukur total station langsung bisa menghasilkan data sudut dan jarak dalam satu pengukuran. 



Demikian sharing ilmu tentang pengertian alat ukur total station untuk pengukuran semoga bermanfaat.