Loading...

Pengertian Theodolit dan Fungsinya

Theodolit adalah alat ukur tanah yang berfungsi untuk mengukur tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Hal ini berbeda dengan waterpass yang hanya bisa digunakan untuk mengukur sudut mendatar saja. Perlu diketahui, tingkat akurasi yang dapat diukur oleh theodolit mampu mencapai satuan detik.
Pada penerapannya, pengukuran tanah menggunakan theodolit biasanya dipakai pada saat penentuan situasi, pengamatan, matahari, dan pengukuran polygon. Selain itu, theodolit juga bisa dimanfaatkan sebagaimana pesawat penyipat datar apabila sudut vertikalnya diatur menjadi 90 derajat. Hal ini berkat adanya teropong yang memungkinkan theodolit bisa diarahkan ke semua sudut. Oleh karena itu, theodolit pun dapat diandalkan untuk menentukan sudut siku-siku dan ketinggian gedung bertingkat.
pengertian-theodolit.jpg
Menurut sistem bacaannya dikenal 5 macam theodolit yakni theodolit indeks garis, theodolit nonius, theodolit mikrometer, theodolit koinsidensi, dan theodolit digital. Lain lagi jika ditinjau dari skala ketelitiannya, terdapat 5 macam theodolit antara lain theodolit presisi, theodolit satu detik, theodolit sepuluh detik, theodolit satu menit, dan theodolit sepuluh menit.
Sedangkan berdasarkan konstruksinya, ada 3 macam theodolit yaitu :
  1. Theodolit Reiterasi dilengkapi dengan lingkaran skala mendatar yang menyatu dengan kiap sehingga bacaan pada skala tersebut tidak dapat diatur. Contoh-contohnya yaitu theodolit tipe T0 (wild) dan tipe DKM-2A (kem).
  2. Theodolit Repetisi memiliki skala mendatar yang bisa diatur dan mengelilingi sumbu tegak sehingga bacaan skalanya bisa ditentukan ke sudut yang diinginkan. Contoh-contohnya yaitu theodolit tipe TM 6 dan TL 60-DP (sokkisha ), TL 6-DE (topcon), dan Th-51 (zeiss).
  3. Theodolit Elektro Optis dilengkapi mikroskop pembaca skala lingkaran yang menggunakan sistem sensor. Adapun prinsip kerja theodolit ini melalui gelombang elektromagnetis yakni mengubah sistem analog menjadi sistem digital.
KESIMPULAN
Pengertian theodolit ialah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tanah khususnya menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Tingkat ketelitian sudut yang bisa diketahui menggunakan theodolit mencapai satuan detik. Adapun fungsi theodolit di antaranya :
  1. Mengukur sudut ketinggian tanah
  2. Menentukan sudut siku-siku pada pekerjaan pondasi rumah
  3. Mengukur ketinggian suatu bangunan gedung bertingkat
  4. Mengamati sudut arah lintas matahari
  5. Mengukur polygon pada penghitungan rumus bangunan
  6. Membuat pemetaan situasi yang mendetail