Loading...

Penggunaan TS (Total Station) nikon Mudah dan Menyenangkan


Penulis saat mencoba menyetting.
Yang dibawah ini model kita : Nabila Faradibah (hahaaaaa.......)

 Salam anak2 Pertambangan Universitas Bangka Belitung
Baiklah teman-teman, ini sekedar hasil dari susunan dan terjemahan saya mengenai cara menggunakan Total Station. Semoga dengan ini bisa bermanfaat buat teman-teman anak pertambangan khususnya anak Surveyor. Hehe.... Kami sangat senang bisa menyusun ini buat kalian semua. semoga kita selalu menjadi generasi2 muda yang membanggakan Indonesia. Khususnya anak Pertambangan UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG. Kami anak Jurusan Pertambangan 2011.
Jangan lupa komenannya. hehe.....!!!!

Caution : Puncak ujung kaki tripod sangat tajam. Saat memegang atau membawa tripod, berhati-hatilah untuk menghindari agar tidak melukai kita sendiri.

 Mensetting Total Station

1. Buka kaki-kaki tripod dengan melonggarkan penjepit-penjepitnya.membukanya seperti dibawah ini

2. Tarik kepala statif sampai pada ketinggian yang dikehendaki dan usahakan kepala statif sedatar mungkin. Tinggi tripod/statif  kira-kira setinggi dada juru ukur/surveyor.


3. Kencangkan kembali sekrup-sekrup kaki statif
4. Buka kaki statif upayakan dengan membentuk sudut 600, dari muka tanah dan ujungnya membentuk segitiga sama sisi.

5. Upayakan lubang sekrup pengunci tepat di atas titik center point/titik acuan.Diusahan tripod tepat berada di tengah-tengahnya ya

Titik acuannya bisa menggunakan apa aja, disini kami menggunakan tutup botol

6. Injak salah satu kaki statif/tripod dalam tanah dengan tetap memperhatikan letak kepala tripod/statif tetap mendatar.
Injak yang kuat ya....


Menyetel Total Station
Cara Penyetelan Total station :
1. Dirikan statif/tripod dengan prosedur yang telah ditentukan.

2. Pasang Total Station diatas kepala statif/tripod dengan mengikatkan landasan Total Station dan sekrup pengunci di kepala statif/tripod. Caranya dengan memegang handle TS dengan tangan kiri dan tangan kanan mengunci seperti gambar di samping. Setelah itu injak salah satu kaki tripod agar kaki tripod tidak bergerak


3. Tempatkan center point/titik acuan pada titik yang akan didirikan Total Station dengan tetap memperhatikan letak kepala statif tetap mendatar dengan cara, angkat dua kaki statif , untuk lebih mudah mencari titik acuannya julurkan kaki didekat titik acuannya sambil mata melihat pada teropong center point untuk menenempatkan titik yang akan didirikan Total Station. Center point/titik acuannya bisa menggunakan benda-benda yang mudah untuk dilihat. Seperti disini menggunakan tutup botol dengan meletakkan parnah putih ditengah-tengahnya. Setelah selesai itu kencangkan semua kunci-kunci pada kaki tripod agar tripod tidak goyang.



4. Jika titik acuannya belum pas dengan tanda + yang ada pada saat kita melihat dengan teropong senter point/optical plummet, kita bisa membuat pasnya dengan menggunakan 3 sekrup penyetel.
Usahakan seperti gambar disamping.

# Jika titik acuan sudah sentring, langkah selanjutnya membuat gelembung nivo kotak sentring

5. Untuk membuat gelembung nivo kotak sentring, yang kita lakukan adalah bermain pada kaki-kaki statif/tripod dengan cara menaik turunkan salah satu kakinya. Dengan cara jika gelembung berada disalah satu kaki tripod (berarti alat lebih tinggi sebelah sini), maka kaki bagian itulah yang diturunkan atau kaki yang seberangnya yang dinaikkan secara perlahan-lahan sambil melihat arah pergeseran gelembung nivo kotak. Begitulah seterusnya sampai gelembung benar-benar sentring.

* Lihatlah melalui teropong centre point apakah titi acuan masih dalam keadaan sentring, jika belum maka ulangi langkah-langkah yang ada sebelumnya.


6. Tahap selanjutnya adalah membuat gelembung pada nivo tabung sentring. Dalam hal ini yang dilakukan adalah bermain pada sekrup-sekrup ABC penyetel.




7. Gunakan sekrup A & B atau B & C atau A & C untuk membuat gelembung nivo berada ditengah-tengahnya. Setelah itu putar TS kira-kira 900 untuk melihat berubah atau tidaknya. Selanjutnya adalah menggunakan sekrup yang ketiga untuk membuat gelembung nivo berada ditengah. Misal jika kita telah menggunakan sekrup A & B, maka gunakan sekrup C. Begitupun selanjutnya. Dengan membuat arah nivo tabung searah sekrup yang ketiga. Lalu untuk melihat berubah atau tidaknya gelembung, diputar lagi TS nya.



* Setelah kita selesai melakukan langkah-langkah tersebut berarti alat kita sudah berada dalam keadaan sentring.

8. Sebelum kita melakukan tahap penembakan, kita membuat TS kita mengarah kearah utara terlebih dahulu. Baru lah kita bisa menembak. Tujuannya agar kita tahu sudut jurusan itu dari mana kemana. Untuk mencari arah utara kita bisa menggunakan GPS yang ada.