Loading...

.

.

.

.

TOTAL STATION DAN APLIKASI ITS DALAM SURVEY PEMETAAN | PENGUKURAN TANAH

1. PENGANTAR

·        Total Stasiun dirancang untuk mengukur jarak miring, sudut horizontal dan vertikal dan peningkatan dalam topografi dan geodesi bekerja, survei teknometrik, serta untuk solusi aplikasi geodesi tugas. Hasil pengukuran dapat direkam ke memori internal dan ditransfer ke antarmuka komputer pribadi.
·        Sifat dasar rentang tak tertandingi, kecepatan dan ketepatan pengukuran. Jumlah stasiun yang dikembangkan dalam pandangan kenyamanan maksimal kerja pengguna. Efisiensi tinggi takometer elektronik ditujukan untuk keputusan
Ini memiliki khalayak luas untuk tunggal masalah industri.
·        Sudut dan jarak yang diukur dari total station ke titik-titik di bawah survei, dan koordinat (X, Y, dan Z atau Northing, arah timur dan elevasi) dari disurvei poin relatif terhadap posisi total station dihitung menggunakan trigonometri dan triangulasi.
·        Data dapat didownload dari total station ke komputer dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk menghitung hasil dan menghasilkan peta wilayah penelitian.
·        Sebuah stasiun total instrumen elektronik / optik digunakan dalam survei modern. Hal ini juga digunakan oleh arkeolog untuk merekam penggalian serta oleh polisi, penyelidik TKP, reconstructionists kecelakaan swasta dan perusahaan asuransi untuk mengambil pengukuran dari adegan. Total station adalah teodolit elektronik (angkutan) yang terintegrasi dengan meter elektronik jarak (EDM), ditambah penyimpanan data internal dan / atau kolektor data eksternal.
·        Tujuan dari setiap survei adalah untuk mempersiapkan peta, titik kontrol membentuk persyaratan dasar untuk penyusunan peta tersebut.
·        Ada beberapa nomor dari metode seperti melintasi, triangulasi dll, untuk memberikan titik-titik kontrol.
·        Apapun metode penyediaan titik kontrol, termasuk pengukuran dua entitas (Jarak dan Sudut).
·        Sekali lagi, jarak dapat diukur dengan menggunakan berbagai instrumen seperti rantai, tape.
·        Linear Tap.
·        Rantai Gunter ini (20m dan 30m).
·        Baja band (20m dan 30m).
·        Inver ketuk.
·        Hunter Pendek Base (80m).
·        Elektronik Jarak Pengukuran Instrumen, total station dan GPS.
·        Sudut dapat diukur dengan menggunakan THEODOLITE a.
·        Setelah pengukuran jarak dan sudut lebih perhitungan dilakukan untuk memberikan titik kontrol. Sebuah kombinasi dari semua tiga hasil dalam instrumen kuat yang disebut TOTAL STATION Oleh karena itu, TOTAL STATION merupakan instrumen yang terdiri dari.:
i) Jarak alat ukur (EDM).
ii) Sebuah alat ukur sudut (Theodolite).
iii) Sebuah mikroprosesor sederhana.
1.2. INSTRUMENTASI:
Ini terdiri dari EDM, Theodolite, Mikroprosesor digabungkan menjadi satu. Ini juga memiliki kartu memori untuk menyimpan data. Ini juga terdiri dari soket baterai yang merumahkan baterai. Baterai yang terisi penuh bekerja selama sekitar 3 sampai 5 jam terus menerus.


Gambar 1: Bagian yang berbeda dari Total Station
1.3. AKURASI DARI TOTAL STATION:
Akurasi tergantung pada instrumen dan bervariasi dari instrumen instrumen
Akurasi sudut 1.The bervariasi from1 “sampai 20″.
Akurasi 2.Distance tergantung pada dua faktor.
Kesalahan Instrumental yang berkisar dari
+ / – 10mm ke + / – 2mm.
b) Kesalahan karena panjang pengukuran.
Hal ini dapat dari + / – 10mm ke + / – 2mm per kilometer.
1 prisma, prisma 2,5-2,7 km2
5-7 km3 prisma
10-12 kmNIKONOne kedua + / – 2mm/km atau 2ppmTriple jumlah prisma dua kali lipat distance.LEICAOne kedua SOKKIAOne kedua.
1.3.1. AKURASI & PRESISI
• Presisi adalah reproduksibilitas pengukuran.
• Akurasi adalah seberapa dekat posisi diukur adalah lokasi sebenarnya
Pengukuran jarak dilaksanakan dengan Modulated microwave atau inframerah operator sinyal, yang dihasilkan oleh emitor solid-state kecil dalam jalur optik instrumen, dan dipantulkan oleh reflektor prisma atau benda di bawah survei. Pola modulasi sinyal kembali adalah membaca dan diinterpretasikan oleh komputer onboard total station. Jarak ditentukan dengan memancarkan dan menerima beberapa frekuensi, dan menentukan jumlah bilangan bulat panjang gelombang untuk target untuk masing-masing frekuensi. Kebanyakan total stasiun menggunakan tujuan-dibangun kaca Porro prisma reflektor untuk EDM sinyal, dan dapat mengukur jarak ke beberapa kilometer. Total stasiun reflectorless dapat mengukur jarak ke setiap objek yang cukup ringan dalam warna, untuk beberapa ratus meter.
Prinsip:
Mengingat koordinasi dari posisi instrumen dan bantalan dari stasiun terbelakang koordinat titik lain dapat dihitung.
1.3.2. TOTAL STATION DAPAT DIGUNAKAN
·        Ketika dua poin yang diberikan.
·        Bila hanya satu koordinat diberikan. Dalam hal ini koordinat stasiun kembali ditentukan oleh metode yang sesuai.
·        Bila tidak ada koordinat diberikan dalam hal sistem sewenang-wenang koordinat dapat digunakan.

Perangkat ini, juga disebut Tachometers elektronik, secara otomatis dapat mengukur sudut horisontal dan vertikal serta jarak kemiringan dari satu set up.Dari data tersebut mereka seketika dapat menghitung komponen horisontal dan vertikal jarak, ketinggian, dan koordinat, dan menampilkan hasilnya pada LCD. Mereka juga dapat menyimpan data, baik di kapal atau pengumpul data eksternal. Jika koordinat stasiun diduduki dan azimut referensi adalah input ke sistem, koordinat titik terlihat segera diperoleh. Informasi ini dapat langsung disimpan dalam kolektor data otomatis, ada dengan menghilangkan pencatatan manual. Instrumen ini adalah nilai yang luar biasa di semua jenis survei. Total Stations menawarkan banyak keuntungan untuk hampir semua jenis survei. Mereka digunakan untuk topografi, Hidrografi, kadaster, proyek dan survei konstruksi.

1.4. AKSESORIS UNTUK TOTAL STATION
Dengan sekitar lebih dari 40 model yang berbeda yang tersedia untuk memilih, mereka saat ini instrumen dominan dalam survei.

The EDM komponen instrumen dipasang di Total Station relatif kecil tetapi masih memiliki rentang jarak yang cukup untuk sebagian besar pekerjaan.Panjang sampai sekitar 2 km dapat diukur dengan prisma tunggal, dan sampai sekitar 6 sampai 7 km dengan prisma tiga.
Resolusi Sudut tersedia Total Stations bervariasi dari serendah setengah detik untuk instrumen yang tepat cocok untuk survei kontrol, hingga 20 “untuk instrumen dibuat khusus untuk pengintaian konstruksi.

1.5. FUNGSI DILAKUKAN OLEH TOTAL STATIONS
Total Stations, dengan prosesor mikro mereka, dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan, tergantung pada bagaimana mereka diprogram.Kemampuan berbeda dengan instrumen yang berbeda, tetapi beberapa perhitungan standar termasuk:
·        Averaging beberapa sudut dan pengukuran jarak.
·        Mengoreksi elektronik diukur jarak dari prisma konstan, tekanan atmosfer, dan suhu.
·        Membuat kelengkungan dan refraksi koreksi ketinggian menentukan dengan meratakan trigonometri.
·        Mengurangi jarak kemiringan pada komponen horisontal dan vertikal mereka.
·        Menghitung titik ketinggian dari komponen jarak vertikal (dilengkapi dengan input keyboard instrumen dan reflektor ketinggian).
·        Komputasi koordinat titik survei dari sudut horizontal dan jarak horizontal.
·         Rata-rata beberapa pengukuran sudut.
·         Rata-rata pengukuran jarak beberapa.
·         Menghitung jarak horizontal dan vertikal.
·         Koreksi untuk suhu, tekanan dan kelembaban.
·         Hitung invers, polars, reseksi.
·         Menghitung X, Y dan Z koordinat.
1.6.OPERATION TOTAL STATION
Karena Total Station berisi komponen elektronik yang halus mereka tidak kasar seperti Theodolite biasa. Mereka harus dikemas dan diangkut dengan hati-hati, ditangani dengan lembut dan hati-hati dihapus membentuk kasus mereka.
Pengaturan Total Station atas tanda stasiun ini mirip dengan Theodolite biasa. Ini termasuk
·        Berpusat
·        Levelling
·        Penghapusan paralaks
Total Stations dikendalikan dengan entri yang dibuat baik melalui mereka built-in keyboard atau melalui keyboard data genggam collectors.Details untuk operasi masing-masing total station individu agak berbeda dan oleh karena itu tidak dijelaskan di sini.
Keakuratan dicapai dengan total station terutama tergantung pada prosedur operator Hati-hati berpusat dan meratakan instrumen
·        Akurat menunjuk target.
·        Mengambil rata-rata dari beberapa pengukuran sudut yang dibuat di kedua posisi langsung dan sebaliknya
Peralatan peripheral yang dapat mempengaruhi keakuratan meliputi
·        Tribrachs
·        Optical merosot
·        Prisma dan
·        Prism kutub
Tribrachs harus memberikan cocok nyaman tanpa slip. Optical merosot yang di luar penyebab instrumen penyesuaian yang akan dibentuk keliru atas titik pengukuran. Tiang-tiang prisma harus sempurna vertikal dan prisma harus dipasang dengan baik pada itu. Prisma harus sering diperiksa untuk menentukan konstanta mereka.
1.7. REMOTELY OPERATED TOTAL STATION (ROBOT)
Unit remote positioning (RPU) memungkinkan kontrol instrumen total station dari kejauhan
Total stasiun robot memungkinkan operator untuk mengontrol instrumen dari jarak jauh melalui sistem control.Robotic terpencil menawarkan reflektor kurang pengukuran unggul daripada instrumen lain yang tersedia – mampu pengukuran presisi teknologi ini memiliki manfaat luar biasa bagi setiap pengguna. Ini menghilangkan kebutuhan untuk asisten anggota staf sebagai operator memegang reflektor dan kontrol total station dari titik yang diamati.Unit remote posisi, yang terpasang pada tiang prisma, memiliki link telemetri built-in untuk komunikasi dengan total station. Bahkan seseorang tidak diperlukan dekat total station. Total station secara otomatis bergerak dan menempatkan target. Seseorang diperlukan pada target pada lokasi survei yang berbeda. The Robotic Jumlah stasiun mempercepat pekerjaan survei dan mengurangi tenaga kerja. Total station robot adalah yang terbaru, sistem yang paling canggih di pasar saat ini yang menawarkan desain baru yang modern, motor lebih cepat, 2000 meter kisaran reflectorless. Tersedia dalam 1, 3, dan 5 akurasi sudut kedua, Anda dapat memilih instrumen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
1.7.1. Fitur Termasuk:
·        Inovatif, desain sistem sepenuhnya bebas kabel.
·        Baru RC-3 dengan teknologi pelacakan XTRAC ™ Cepat-Lock Superior.
·        Yang paling canggih, rentang terpanjang, dan reflektor yang paling kuat kurang teknologi yang tersedia.
·        Penuh warna, grafis Windows Mobile instrumen & bidang pengontrol antarmuka.
·        Bobot yang lebih ringan dari kompetisi.
1.8. APLIKASI TOTAL STATION
Ada banyak fasilitas lain yang tersedia, total station dapat digunakan untuk tujuan berikut.
·        Survei rinci yaitu pengumpulan data.
·        Kontrol Survey (Traverse).
·        Pengukuran tinggi (Hapus elevasi pengukuran-REM).
·        Memperbaiki pilar yang hilang (atau) Mengatur keluar (atau) Stake keluar.
·        Reseksi.
·        Perhitungan Area, dll
·        Pengukuran jarak jauh (RDM) atau Hilang pengukuran garis (MLM).
1.8.1. Pengumpulan Data Option
Pengukuran dapat disimpan “on board” dengan semua stasiun total. Dua opsi yang tersedia adalah
·        Data dapat langsung disimpan dalam memori komputer mikro, dan kemudian download ke perangkat penyimpanan eksternal melalui RS – 232 sambungan.
·        Pilihan kedua adalah kartu memori yang dapat dilepas. Ketika satu kartu penuh, dapat dihapus dan kartu lain dapat dengan cepat dipasang.
1.8.2. Survey Detil
Mengingat dua poin yang koordinat diketahui, total station dapat digunakan untuk mendapatkan koordinat berbagai titik lain berdasarkan dua koordinat.Harus diperhatikan bahwa survei poin baru dengan hati-hati kode. The Peta daerah dapat diperoleh setelah men-download dan pengolahan.
1.8.3. KONTROL SURVEY / TRAVERSE:
Hal ini mirip dengan jenis EDM Traverse.
Definisi Traverse: -
Traverse adalah metode survei kontrol dalam memberikan kontrol horisontal dan vertikal sepanjang rute yang telah ditentukan dengan cara membangun serangkaian garis terhubung bergabung dengan stasiun silang.
1.8.4. TRAVERSE:
·        Dalam melintasi sejumlah jalur survei terhubung membentuk kerangka survei.
·        Arah dan panjang garis survei diukur dengan bantuan sebuah alat pengukur sudut (Theodolite) dan jarak alat pengukur (Tape, rantai, EDM, GPS dll).

Gambar 1: Traverse
1.8.5. KLASIFIKASI TRAVERSE (BERDASARKAN AKURASI & BERDASARKAN INSTRUMEN YANG DIGUNAKAN):
·        Berdasarkan akurasi
·         Primer melintasi: akurasi 1:50.000 (Instrumen: kawat T3 dan invar)
·         Sekunder melintasi: akurasi 1:20.000 (Instrumen: T3 dan EDM)
·         Tersier melintasi: akurasi 1:1000 (Instrumen: T2 dan Jaringan)
1:2000 (Instrumen: T2 dan Baja Band)
·        Berdasarkan Instrumen yang digunakan
·         Rantai melintasi
·         EDM melintasi
·         Pesawat-tabel melintasi

1.8.6. Klasifikasi Traverse:
·        Buka melintasi: Dimulai dari titik kontrol yang dikenal dan berakhir pada titik yang tidak diketahui.

Gambar 2: Buka Traverse
·        Ditutup melintasi: Mulai dari dan berakhir pada titik kontrol yang dikenal.

Gambar 3: Closed Traverse
·        Closed Circuit melintasi: Mulai dari dan berakhir pada titik kontrol yang dikenal.

Gambar 4: Closed Circuit Traverse

1.8.7. PENERAPAN MELINTASI
·        Menyediakan kontrol poin untuk survei skala besar.
·        Survei Batas
·        Memperbaiki rute sungai, jalan, kanal secara akurat.
·        Survei proyek.
·        Survei keselarasan dan banyak lagi.
·        True North Meridian yaitu garis
·        Grid jalur Utara
·        Baris Utara Magnetik
·        Setiap garis referensi sewenang-wenang.
1.8.8. GARIS REFERENSI MUNGKIN:
Azimuth:
·        Azimuth dari setiap jalur survei atau melintasi kaki adalah sudut searah jarum jam dari North Benar.
Grid Bantalan:
·        Grid Bantalan dari setiap jalur survei atau melintasi kaki adalah sudut searah jarum jam dari Grid Utara.
Magnetic Bantalan:
·        Bantalan magnetik dari setiap jalur survei atau melintasi kaki adalah sudut searah jarum jam dari Magnetic Utara.

1.8.9. AZIMUTH DAN GRID BANTALAN:
1.     Azimuth dapat diperoleh dengan pengamatan astronomi.
2.     Azimuth dapat dihitung dengan lintang dan bujur (koordinat Bulat).
3.     Grid Bantalan dapat diperoleh dengan pengamatan astronomi dengan menerapkan konvergensi.
4.     Grid Bantalan dapat dihitung dengan koordinat Grid.

Gambar 5: Azimuth dan Grid Bantalan





1.9. JAUH ELEVATION PENGUKURAN (REM)
Proses pencarian ketinggian benda tanpa benar-benar pergi ke atas obyek yang dikenal sebagai Pengukuran Ketinggian remote (REM) yaitu, total station ditempatkan jarak jauh (jauh) dari objek yang digunakan untuk mengukur ketinggian.


Gambar 6: Remote Elevation Pengukuran
Metode: prisma yang disimpan di dasar objek pandangan teleskop untuk prisma, dan mengukur kemiringan jarak ‘d’, sekarang memiringkan teleskop up-to ujung objek. Ketinggian objek ditampilkan, dari dasar prisma tergantung pada instrumen.
Fitur ini mengukur ketinggian suatu titik di mana prisma tidak dapat ditempatkan secara langsung. Pengukuran diperpanjang sepanjang garis tegak lurus sementara ketinggian menyala terus.
Jauh Ketinggian Pengukuran:

Gambar 7: Remote Elevation Pengukuran
1.9.1. PENGUKURAN JARAK JAUH (RDM) ATAU HILANG PENGUKURAN GARIS (MLM):
Proses mencari jarak antara dua titik A & B (yang tidak antar-terlihat dari satu sama lain) dari titik lain ‘I’ (posisi instrumen) dikenal sebagai RDM.
Metode ini sangat berguna untuk menemukan jarak antara dua titik yang memiliki obstruksi antara mereka. Ini adalah dua jenis:
·        Kontinu
·        Radial

Gambar 8: Jarak Pengukuran jarak jauh

Jarak dapat diperoleh baik dalam modus kontinyu yaitu, AB, BC, CD, DE, EF dll, atau dalam modus radial yaitu, AB, AC, AD, AE, AF dll, bagaimanapun, prosedur lapangan sama untuk keduanya hanya pemilihan operasi bervariasi. Hal ini diperlukan bila ada penghalang di antara jalur survei.

Gambar 6: Hilang Pengukuran Baris

1.9.2. MEMPERBAIKI PILAR YANG HILANG (ATAU) MENGATUR KELUAR (ATAU) STAKE OUT:
Proses memperbaiki pilar yang hilang di tanah menggunakan koordinat teoritis dikenal sebagai STAKE OUT. Berikut dua koordinat dikenal lainnya yang diperlukan.
·        Proses menemukan posisi titik koordinat dikenal misalkan hilang pilar batas.


Gambar 7: Stake Out
1.9.3. RESEKSI:
Proses menemukan koordinat posisi instrumen memanfaatkan titik kontrol lainnya (titik yang koordinat dikenal) dikenal sebagai reseksi.

Gambar 8: Reseksi

1.9.4. PERHITUNGAN AREA:
  Daerah dapat dihitung dari angka apapun hanya dengan memberikan koordinat sudut gambar.
·        Perhitungan daerah.
·        Proses menemukan area sosok tertutup.

Gambar 9: Perhitungan di Area

1.9.5. PENGGUNAAN TOTAL STATION
  Penggunaan Total Station adalah sebagai berikut:
·        Survey Tambang
·        Survei Kadastral
·        Survei Rekayasa
·        Skala Survey Besar
·        Jalan / rel / Canal Survei
Beberapa stasiun total juga memiliki antarmuka GNSS yang menggabungkan keunggulan dari kedua teknologi (GNSS – saling berhadapan tidak diperlukan antara titik diukur, Total Station – pengukuran presisi tinggi terutama di sumbu vertikal dibandingkan dengan GNSS) dan mengurangi konsekuensi dari setiap teknologi kerugian (GNSS – akurasi miskin di sumbu vertikal dan akurasi yang lebih rendah tanpa panjang periode pekerjaan, Total Station – memerlukan garis penglihatan dan pengamatan harus membuat lebih dari satu jalur atau dikenal dengan saling berhadapan untuk 2 atau lebih poin dengan lokasi yang dikenal).